Batasi Konsumsinya, Ini 5 Makanan yang Buruk Untuk Kesehatan Paru-paru

JAMBITERKINI.COM – Kesehatan paru-paru sangat penting dijaga saat pandemi. Salah satunya dengan menghindari makanan yang buruk untuk paru-paru

Selama masa pandemi, gangguan saluran pernapasan sering dialami banyak orang. Karenanya kesehatan paru-paru perlu dijaga dengan mengurangi kebiasaan merokok, hingga paparan pada polusi udara.

Tak hanya itu pola makan juga berperan penting dalam menjaga keseimbangan kesehatan paru-paru. Seperti dilansir detikcom, ada beberapa makanan yang berdampak buruk bagi kesehatan paru-paru. Karenanya perlu dibatasi asupannya.

1. Brokoli
Sering disebut sebagai salah satu sayuran sehat, ternyata sayuran brokoli ini sebaiknya dihindari untuk meningkatkan kesehatan jantung. Karena brokoli masuk ke dalam makanan yang paling buruk untuk paru-paru.

Menurut ahli kesehatan Amanda Webster, salah satu efek setelah menyantap sayuran brokoli adalah gas yang diproduksi tubuh. Gas ini bisa bedampak buruk pada kesehatan paru-paru, karena paru-paru bisa membengkak.

“Karena kita berpikir bahwa sayuran itu sehat, jadi kita suka lupa bahwa dalam beberapa kasus ada makanan sehat yang konsumsinya harus dibatasi. Seperti kandungan gas setelah menyantap makanan seperti brokoli, kembang kol dan lainnya. Bisa diganti dengan makanan bernutrisi lain,” jelas Amanda.

2. Es Krim
Penggemar es krim harus mulai membatasi dessert kesukaan mereka yang satu ini. Kebanyakan es krim mengandung produk susu olahan, yang bisa meningkatkan produksi mukus pada saluran pernapasan.

Hal ini dijelaskan oleh Dokter Annah Johnson, yang mengungkapkan bahwa es krim merupakan salah satu makanan yang sebaiknya dihindari selama masa pandemi COVID-19. Termasuk musim sakit flu dan demam, di mana es krim bisa memicu penyakit ini untuk timbul.

“Susu dan olahan susu lainnya memproduksi banyak mukus yang menyebabkan gangguan pada saluran pernapasan,” ungkap Dokter NavNIrat Nibber, ND.

3. Keripik Kentang
Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa semua makanan olahan tidak baik untuk paru-paru. Termasuk keripik kentang. Camilan renyah gurih ini mengandung banyak lemak dan garam, keduanya tidak baik untuk kesehatan, apalagi kesehatan paru-paru.

“Lemak trans dan lemak jenuh berkontribusi pada kesehatan kardiovaskular, yang langsung berhubungan dengan kesehatan paru-paru Anda,” ungkap Lina Velikova, selaku penasehat medis di Supplements101.net.

Garam meningkatkan tekanan darah tinggi, tentunya berpengaruh pada kesehatan hati hingga paru-paru. Jadi disarankan untuk mulai menghindari makanan proses olahan seperti keripik kentang.

4. Gorengan
Semua makanan yang digoreng memang enak dan bikin nagih. Tapi tentunya efek dan dampak untuk kesehatan paru-paru sangat buruk. Makanan yang digoreng bisa memicu perut menjadi lebih cepat kembung, membuat tubuh merasa tidak nyaman hingga masalah keluhan lainnya.

Meski tidak berhubungan langsung dengan paru-paru, tapi mengonsumsi makanan gorengan yang berlebihan bisa memicu kenaikan berat badan. Menambah tekanan pada paru-paru yang membuat kesehatan paru-paru menurun.

5. Minuman Beralkohol
Selain minuman manis yang sebaiknya dihindari, minuman beralkohol juga perlu dihindari karena tak baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Minuman beralkohol juga bisa menimbulkan berbagai penyakit yang terkait paru-paru.

“Makanan dan minuman yang mengandung gas atau karbonasi bisa menyebabkan kembung, hingga membuat dada terasa erat. Bahkan serangan asma,” jelas ahli kesehatan Wysocki-Woods.

Karena alkohol dapat menyebabkan dehidrasi, jika ingin menjaga kesehatan paru-paru sebaiknya tidak mengkonsumsi minuman alkohol terutama bir. (mg1)

x

Check Also

Dirgahayu RI, Ini 7 Film Perjuangan Bangsa yang Perlu Diketahui

JAMBITERKINI.COM – Kemerdekaan Indonesia merupakan buah dari perjuangan para tokoh kemerdekaan. Untuk mengenang jasa para ...