Dapat Merusak Usus, Batasi Konsumsi 6 Makanan Ini

JAMBITERKINI.COM – Makanan populer ini ternyata punya efek buruk untuk tubuh. Konsumsinya bisa mengganggu kesehatan pencernaan hingga merusak usus. Berikut.

Usus adalah bagian pencernaan yang penting untuk menyerap nutrisi makanan dan mengalirkan sisa-sisa makanan hingga saluran pembuangan. Usus yang sehat sangat dibutuhkan oleh tubuh agar dapat menyerap nutrisi makanan dengan optimal sehingga seluruh anggota tubuh mendapatkan pasokan nutrisi yang cukup.

Memilih makanan yang sehat dan menghindari makanan-makanan tinggi gula menjadi cara terbaik untuk menjaga kesehatan usus. Bahkan beberapa ahli mengingatkan pentingnya makanan yang tepat untuk menjaga kesehatan usus.

Beberapa makanan yang sering ditemui, dikatakan dapat merusak usus secara permanen. Perhatikan makanan-makanan berikut yang diminta oleh ahli gizi untuk menghindari guna menjaga kesehatan usus.

Berikut 6 makanan yang merusak usus menurut Eat This, Not That! (15/4), seperti dilansir detikcom

1. Makanan dengan Gula Olahan
“Olahan gula seperti kue kering, permen dan minuman manis dapat menyebabkan kerusakan pada usus,” kata selaku juru bicara NY State Academy.

Gula, terutama sirup jagung fruktosa, dapat mengurangi jumlah bakteri baik dalam usus dan meningkatkan jumlah bakteri buruk pada usus. Dampak negatif ini dapat menyebabkan inflamasi yang mempengaruhi dinding-dinding usus.

2. Makanan Olahan
“Makanan yang paling merusak usus adalah gula, sirup jagung tinggi fruktosa dan semua makanan olahan,” kata Feit selaku ahli gizi dari Testing.com.

Pola makan dengan konsumsi makanan tinggi serat, biji-bijian, rendah gula dan garam menjadi pola makan yang paling baik untuk menjaga kesehatan usus. Sedangkan, makanan-makanan olahan, tinggi gula dan rendah serat akan menurunkan jumlah bakteri baik dalam usus yang membantu proses pencernaan.

3. Makanan yang Digoreng dalam Minyak Banyak
Ayam goreng, kentang goreng atau gorengan lainnya menjadi makanan yang paling lezat dan banyak penggemarnya. Nyatanya, makanan ini justru menjadi makanan yang harus dihindari jika menginginkan usus yang sehat.

Ricci-Lee, selaku ahli dari Testing.com, juga mengungkapkan bahwa makanan yang diolah dengan cara digoreng dalam banyak minyak menjadi makanan yang paling cepat merusak usus. Makanan jenis seperti ini dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri yang tidak diinginkan yang dapat menyebabkan inflamasi, gas dan kram perut.

4. Pemanis Buatan
Pemanis buatan sudah banyak dikenal sebagai makanan yang dapat meningkatkan berat tubuh dengan cepat atau meningkatkan risiko penyakit kronis. Tak hanya itu, pemanis buatan juga ternyata cukup berbahaya untuk kesehatan usus.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Advances in Nutrition menekankan bagaimana pemanis buatan dapat memberikan efek pada mikroba yang ada di dalam usus. Penelitian ini membuktikan bahwa pemanis buatan dapat menyebabkan alterasi pada metabolisme tubuh yang dikaitkan dengan intoleran glukosa.

5. Protein Bar
Protein bar merupakan makanan penambah energi penuh protein yang disebut mampu menggantikan makanan utama. Faktanya, banyak protein bar yang justru tinggi kandungan gula dan karbohidrat yang dapat menyebabkan kerusakan usus.

“Mengganti makanan utama dengan protein bar sangat merusak dan tidak baik untuk kesehatan usus dan metabolisme secara menyeluruh,”kata Trista Best, selaku ahli gizi.

6. Alkohol
Untuk dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai, alkohol mungkin akan memberikan efek yang cukup baik untuk tubuh. Tetapi, terlalu banyak konsumsi alkohol dikatakan dapat menimbulkan permasalahan pada kesehatan terutama pada usus.

“Terlalu banyak minum minuman alkohol dapat mengurangi jumlah bakteri yang menguntungkan di dalam usus yang dibutuhkan untuk membantu pencernaan dan metabolisme,” kata Young selaku penulis Akhirnya Penuh, Akhirnya Langsing. (mg1)

x

Check Also

Dirgahayu RI, Ini 7 Film Perjuangan Bangsa yang Perlu Diketahui

JAMBITERKINI.COM – Kemerdekaan Indonesia merupakan buah dari perjuangan para tokoh kemerdekaan. Untuk mengenang jasa para ...