Cegah Covid-19, Kanada Terapkan Aturan Turis Asing Wajib Karantina di Hotel 3 Hari

JAMBITERKINI.COM โ€“ Kanada menerapkan aturan baru mencegah penyebaran virus Corona. Salah satunya, wajib karantina di hotel selama tiga hari.

Dilansir detikcom, Sabtu (13/2/2021), aturan itu diterapkan untuk mewaspadai varian baru virus Corona. Karantina selama tiga hari di hotel itu untuk menunggu hasil tes Covid-19. Hotel itu harus dipesan dengan biaya sendiri.

Selain itu, traveler sudah lebih dulu wajib menjalani tes Covid-19 sebelum masuk Kanada.

Tapi, Kanada belum memastikan tanggal penerapan prosedur baru tersebut. Saat ini, Kanada masih mengijinkan traveler yang menunjukkan hasil tes negatif Covid-19 namun dengan wajib menyelesaikan karantina selama 14 hari pada saat kedatangan.

Badan Kesehatan Masyarakat Kanada baru merilis daftar kriteria hotel yang ingin berpartisipasi dalam karantina traveler yang kembali dari perjalanan yang tidak penting di luar negeri.

Hotel yang menjadi lokasi karantina harus dimiliki secara pribadi dan berlokasi di dekat salah satu dari empat bandara Kanada yang saat ini menerima penerbangan internasional.

Lokasinya ada di Bandara Internasional Vancouver, Bandara Internasional Calgary, Bandara Internasional Toronto Pearson dan Bandara Internasional Montreal-Trudeau.

Hotel-hotel ini umumnya akan diperuntukkan bagi orang-orang yang tidak menunjukkan gejala. Mereka sebelumnya telah memberikan hasil tes pra-keberangkatan negatif, dan bukan kontak dekat dari kasus COVID-19 yang dikonfirmasi.

Wisatawan yang menginap di hotel ini mungkin memiliki gejala COVID-19 tetapi dites negatif pada tes pra-keberangkatan mereka. Atau, mereka mungkin memiliki gejala yang tidak terkait dengan virus.

Hotel karantina di Kanada ini juga harus memenuhi pedoman operasional dan kriteria seleksi untuk tujuan mengakomodasi wisatawan ini sambil menunggu hasil tes mereka.

Tanggung jawab utama hotel adalah menyediakan transportasi dan penginapan yang aman bagi para pelancong dari bandara ke hotel, makanan tanpa kontak, telepon dan wi-fi gratis di lingkungan yang aman dan dapat diakses.

Mereka juga harus mengatur proses yang memungkinkan tamu untuk beristirahat sejenak di luar ruangan. Hotel juga harus melaporkan nomor check-in dan check-out harian, serta tamu yang tidak patuh.

Pemerintah Kanada masih mencari hotel yang dapat memenuhi persyaratan ini, belum diketahui secara pasti kapan aturan baru tersebut akan diberlakukan.(detikcom)

2021-02-13
x

Check Also

655 WNI Masih Dirawat di Luar Negeri Akibat Covid-19

JAMBITERKINI.COM โ€“ Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI mencatat 655 warga negara Indonesia (WNI) masih dirawat ...

Exit mobile version