Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin meresmikan BRK Syariah (25/08/2022) di Menara Dang Merdu Pekanbaru, Riau

Wapres Titip 3 Hal Ini Saat Peresmian BRKS

PEKANBARU, JAMBITERKINI.COM – Bank Riau Kepri Syariah (BRKS) diresmikan oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, hari ini, Kamis, 25 Agustus 2022. Dalam kesempatan itu, Wapres banyak mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Riau.

Dia mengatakan, momentum ini hadirnya BRKS bukan lah akhir dari perjalanan, justru awal dari pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Riau. Oleh sebab itu, dia berharap dengan hadirnya BRKS mampu menjadi pemicu percepatan pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah.

“Di balik peresmian yang memakan perjalan panjang ini, jika ini tujuan, maka kendaraan yang mengantarkannya adalah keinginan, itikad, komitmen pemerintah, dukungan OJK, Bank Indonesia, KNKS dan pemangku kepentingan lainnya. Yang tak kalah penting adalah restu masyarakat, sebagai sumber ‘bahan bakar’ sehingga konversi berjalan baik,” katanya saat meresmikan BRKS.

Dalam kesempatan ini, Wapres menitipkan 3 hal penting dalam keberlangsungan BRKS ke depan. Pertama, BRKS harus hadir sebagai penyokong, penguat semua sektor ekonomi dan keuangan syariah di Riau dan kepri.

“Berbagai skema pembiayaan bagi industri halal, dan UMKM harus terus dikembangkan, ketersediaan layanan, pengimpunan dana dan ketersediaan dana kepada nasabah harus tetap terjamin, termasuk keamanan yang diberikan kepada nasabah,” tuturnya.

Kedua, BRKS didorong terus meningkatkan penyempurnaan layanan, implementasi digitalisasi perbankan hingga sampai ke desa-desa. Termasuk pembenahan kapasitas dan kapabilitas sistem IT perlu di prioritaskan. Ketiga, BRKS perlu terus menjajaki dan mengembangakan program potensial guna memperluas pangsa pasar syariah.

“Salah satunya, terkait layanan penerimaan, setoran biaya haji, sistem manajemen kas di sektor pendidikan, daerah, hingga pegawai Pemda dan institusi lainnya,” tuturnya.

Gubernur Kepri Sebut Hanya BRKS yang Kini Masih Mengikat Riau dan Kepri

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengungkapkan, Riau dan Kepri merupakan satu provinsi yang telah terpisah, karena kepentingan otonomi. Oleh sebab itu, kultur, budaya, sosial dan ekonomi masyarakat di kedua daerah ini masih sangat identik.

Hal ini disampaikan Ansar Ahmad saat memberi sambutan dalam acara peresmian Bank Riau Kepri Syariah (BRKS) di menara Dang Merdu Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Kamis, 25 Agustus 2022 yang juga dihadiri oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.

“Kami sampaikan kepada Pak Wapres, kalau Riau ini dulunya satu dengan Kepri. Ibu Kotanya di Tanjung Pinang yang kini menjadi Ibu Kota Kepri. Kepri punya pemerintahan sendiri dan Riau punya pemerintahan sendiri. Setelah terpisah, hanya Bank Riau Kepri Syariah ini lah yang mengikat Riau dan Kepri,” sebutnya.

Dia juga menyampaikan harapan besar kepada BRKS untuk tetap menjadi trigger ekonomi, sebagai agen perubahan pada provinsi di Indonesia ini dalam hal pengembangan ekonomi  dan keuangan syariah.

“Terimakasih Pak Dirut yang telah bekerja keras. Sebagai pemegang saham terbesar, kami ucapkan selamat kepada Pak Gubernur Riau Syamsuar,” ungkapnya. (Adv)

x

Check Also

PT Bank Riau Kepri dan Pemkab Pelalawan MoU Jasa Perbankan

JAMBITERKINI.COM – PT Bank Riau Kepri dan Pemerintah Kabupaten Pelalawan, menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum ...