Ini 10 Atlet dengan Bayaran Termahal di Dunia

JAMBITERKINI.COM – Pandemi COVID-19 yang berlangsung sejak tahun lalu membuat banyak perhelatan olahraga terganggu. Hal itu seharusnya berpengaruh pendapatan kepada para atlet.

Namun bagi para atlet bintang dunia pendapatan mereka tetap saja besar. Forbes kembali merilis daftar 10 atlet dengan bayaran tertinggi selama tahun pandemi. Berikut daftarnya:

1. Conor McGregor

2020 menjadi tahunnya McGregor. Pria ini sangat populer dalam cabang olahraga seni bela diri campuran. Tercatat McGregor mengumpulkan pendapatan US$ 180 juta atau setara Rp 2,5 triliun (kurs Rp 14.100) hanya dalam waktu 12 bulan.

Sebagian besar pendapatannya itu berasal dari penjualan saham mayoritasnya baru-baru ini di perusahaan produsen wiski seharga US$ 150 juta. Hal itu membuat dirinya menduduki puncak daftar atlet dengan pendapatan terbesar tahunan untuk pertama kali.

2. Lionel Messi

Sepanjang 2020 Messi tercatat memiliki pendapatan US$ 130 juta atau setara Rp 1,83 triliun. Meskipun tahun lalu bintang Barcelona itu membuat para penggemarnya gelisah dengan kabar dirinya hengkang dari klub yang membesarkan namanya itu.

Pendapatannya itu terbagi sebesar US$ 97 juta dari bayarannya bertanding di lapangan, dan US$ 33 juta yang berasal dari luar lapangan seperti sponsor Adidas yang telah mengontrak dirinya seumur hidup.

3. Cristiano Ronaldo

Rival abadi Messi ini memperoleh pendapatan tahunan di 2020 lebih rendah yakni US$ 120 juta atau setara Rp 1,69 triliun. Terbagi dalam pendapatan di lapangan sebesar US$ 70 juta dan di luar lapangan US$ 50 juta.

Ronaldo sendiri cukup tenar bahkan menjadi orang pertama di dunia yang mencapai 500 juta pengikut di Facebook, Instagram dan Twitter pada bulan Februari. Sebulan kemudian dia menorehkan prestasi dengan tercatat mencetak 770 gol di semua kompetisi yang melampaui penghitungan gol legenda Brasil Pelé.

Pria berusia 36 tahun ini tengah menjalani kontrak dengan klubnya saat ini senilai US$ 64 juta per tahun dan berakhir pada 2022. CR7 juga memiliki kontrak seumur hidup dengan Nike.

4. Dak Prescott

Bintang dari American Football ini tercatat mengantongi pendapatan sebesar US$ 107,5 juta atau setara Rp 1,5 triliun. Quarterback dari Dallas Cowboys ini merupakan gelandang paling berharga di dunia.

Prescott juga baru-baru ini mengumumkan investasi di empat lokasi jaringan restoran Walk-On’s di Texas.

5. LeBron James

2020 menjadi tahun yang luar biasa bagi LeBron James. Dia memperoleh rekor pendapatan di NBA. Total pendapatannya sepanjang 2020 mencapai US$ 96,5 juta atau setara Rp 1,36 triliun.

Dia juga baru-baru ini membeli saham kecil di Fenway Sports Group, yang memiliki Boston Red Sox, Liverpool FC dan Roush Fenway Racing.

6. Neymar

282 juta pengikut Neymar di Facebook, Instagram, dan Twitter menjadikannya atlet terpopuler ketiga di media sosial, setelah Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Hal itu juga menjadikannya daya tarik utama bagi banyak merek.

Tahun lalu, dia mengumumkan keluar lebih awal dari kontraknya dengan Nike’s Jordan Brand dan menjadi duta baru untuk Puma. Total pendapatan Neymar selama 2020 mencapai US$ 95 juta atau setara Rp 1,34 triliun.

7. Roger Federer

Atlet tenis ini tahun lalu mengalami cedera lutut. Meski begitu Federer masih bisa menghasilkan pendapatan US$ 90 juta atau setara Rp 1,27 triliun.

Pendapatannya itu berasal dari sponsor dengan merek-merek seperti Rolex, Credit Suisse dan Uniqlo. Gaji terbesar sang legenda tenis ini mungkin datang dari sahamnya di perusahaan pakaian atletik Swiss On, yang dilaporkan mengincar IPO musim gugur 2021.

8. Lewis Hamilton

Lewis Hamilton telah melakoni ajang kejuaraan Formula 1 keenamnya dalam tujuh musim pada tahun 2020. Pembalap Mercedes ini masuk dalam posisi sepuluh besar untuk kedua kalinya.

Total pendapatan Hamilton sepanjang 2020 mencapai US$ 82 juta atau setara Rp 1,16 triliun.

9. Tom Brady

Pada usia 43, Tom Brady baru saja memasuki tahun paling menguntungkan dalam karirnya, Quarterback Tampa Bay Buccaneers itu menambahkan kesepakatan dengan pembuat kacamata Christopher Cloos dan raksasa pakaian Fanatics.

Total pendapatan Brady sepanjang 2020 mencapai US$ 76 juta atau setara Rp 1,07 triliun.

10. Kevin Durant

Atlet basket Kevin Durant telah menjadi maestro media besar-besaran dengan Boardroom dan perusahaannya Thirty Five Ventures. Dia adalah produser eksekutif Two Distant Strangers, yang membawa pulang Oscar untuk film pendek live-action terbaik bulan lalu, dan dia membeli saham di MLS Philadelphia Union musim panas lalu.

Durant tercatat mengantongi pendapatan sepanjang 2020 sebesar US$ 75 juta atau setara Rp 1,06 triliun. (mg1)

x

Check Also

PT LIB Sediakan Rp200 Juta Tiap Pertandingan di Turnamen Pramusim

Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno mengatakan pihaknya akan menyediakan fee Rp200 juta tiap pertandingan di ...