Direktur Utama Bank Riau Kepri Syariah saat Peresmian BRKS

BRK Syariah Diresmikan, Andi Buchari Ceritakan Kisah Singkat Konversi

PEKANBARU, JAMBITERKINI.COM – Bank Riau Kepri Syariah (BRKS) diresmikan oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin hari ini, Kamis, 25 Agustus 2022. Seremonial peresmian BRKS digelar di Menara Dang Merdu Jalan Sudirman, Pekanbaru.

Dalam kesempatan ini, Direktur Utama BRKS Andi Buchari menceritakan secara singkat tentang perjalanan Bank Riau Kepri dari konvensional ke syariah. “Hari ini, kita semuanya menjadi saksi sejarah konversi BRKS. Insya Allah berkah bagi Bumi Melayu,” tuturnya.

Konversi Bank Riau Kepri menjadi BRKS dimulai dalam RUPS pada April tahun  2019 lalu. Gubernur Riau Syamsuar sebagai pemegang saham mayoritas menginginkan BPD turut menjadi pionir dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah. Hal itu turut diamini oleh 21 pemegang saham lainnya di Riau dan Kepulauan Riau (Kepri).

“Pada september 2020, kami dari pihak manajemen mengambil langkah strategis dan mengeksekusi rencana itu,” katanya. “Peresmian hari ini merupakan rangkaian perjalanan panjang baik dari segi hal yang strategis maupun teknis. Sehingga sampailah kita di pintu gerbang hijrah menjadi BRK Syariah.”

Dia menambahkan, konversi BRKS didasarkan pada aspek sosiologi hingga ekonomis, di mana masyarakat Melayu di Riau dan Kepri sangat menjunjung tinggi: Adat Bersendi Syarak, Syarak Bersendi Kitabullah. “Selain itu, ada dasar-dasar fiqih yang tertuang di dalamnya,” tutur Andi Buchari.

Selain itu, dia menjelaskan, ekonomi dan keuangan syariah saat ini kini menjadi tren global yang terus digaungkan oleh pemerintah bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI). Hal ini lah menjadi cikal bakal lahirnya BRKS.

Sementara itu, terkait perubahan logo, masih mengedepankan warna ciri khas Riau yakni hijau, kuning dan merah dengan filosofi Tanjak dan Perahu Lancang Kuning.

“Dengan demikian, operasional dan bisnis BRKS terhitung Senin 22 Agustus, sudah diberlakukan sistem syariah dan diberlakukan serentak di seluruh jaringan BRKS di Riau dan Kepri,” katanya.

“Dapat kami laporkan juga, meski sibuk dengan kegiatan konversi, kami tetap bisa menjaga kinerja keuangan BRKS. Hingga kini BRKS menjadi BPD dengan aset terbesar dibanding BPD seluruh Indonesia.” tambah Andi.

Gubri Sebut Upaya Penguatan Ekonomi dan Keuangan Syariah Tak Cuma Lewat BRKS

Gubernur Riau Syamsuar menegaskan upaya pemerintah daerah dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Riau tak hanya dengan diresmikannya Bank Riau Kepri Syariah (BRKS).

“BRKS hanya langkah awal sebagai salah satu instrumen pendorong tumbuhnya ekonomi dan keuangan syariah di Riau dan Kepri,” katanya di Pekanbaru, Jumat, 26 Agustus 2022.

Syamsuar menambahkan, dalam upaya terwujudnya kondisi ekonomi dan keuangan syariah yang baik, perbankan memiliki peran sangat penting. Meski demikian, kata Syamsuar, Pemda sadar bahwa untuk mewujudkan itu membutuhkan kerja keras dan waktu yang panjang.

Oleh sebab itu, kami berharap konversi Bank Riau Kepri dari konvensional ke syariah, dapat membawa dampak positif pada aspek ekonomi, sosial sekaligus jadi lokomotif pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah yang optimal,” tambahnya. (Adv)*

x

Check Also

PT Bank Riau Kepri dan Pemkab Pelalawan MoU Jasa Perbankan

JAMBITERKINI.COM – PT Bank Riau Kepri dan Pemerintah Kabupaten Pelalawan, menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum ...