Android 12 Bakal Bikin HP Jadi Kunci Mobil Digital?

JAMBITERKINI.COM – Google telah meluncurkan Android 12 yang menjadi versi terbaru. Sistem operasi Android 12 itu memiliki fitur kunci mobil digital. Jadi, untuk mengunci dan membuka mobil cukup menggunakan ponsel.

Dikutip dari detikcom, android 12 memiliki kemampuan untuk menggantikan kunci standar di kendaraan. Beberapa mobil BMW akan menyertakan teknologi tersebut. Pabrikan mobil lain akan mengikutinya.

Kunci digital bekerja dalam dua cara. Metode pertama, jika Anda tidak ingin kesulitan mengeluarkan ponsel dari saku, pemilik dapat mengunci dan membuka kunci mobil mereka tanpa melihat layar. Metode ini menggunakan teknologi Ultra-Wideband (UWB). Menurut TechCrunch, dengan teknologi ini, mobil memancarkan sinyal radio yang dapat ditangkap perangkat seluler Anda kemudian mengenali arahnya.

Saat ini, banyak produsen mobil yang sudah memiliki aplikasi kunci digital khusus. Sedangkan Android 12 tidak memerlukan aplikasi apa pun untuk diunduh sebagai kunci digital baru.

Metode kedua adalah dengan memanfaatkan Near Field Communication (NFC), mirip dengan yang digunakan dengan pembayaran digital. Dengan NFC, pengguna dapat membuka kunci kendaraan mereka hanya dengan menempelkan ponsel di handle pintu mobil.

Pengumuman dari Google mengikuti jejak Apple yang telah memberikan penggunanya akses kunci digital serupa melalui iPhone dan Apple Watch. Sebelumnya, Apple menjalin kerja sama dengan BMW untuk menghadirkan kunci digital.

Untuk membuka pintu mobil hingga menyalakan mesin mobil tak perlu lagi anak kunci konvensional. Fitur CarKey di iPhone atau Apple Watch ini menggunakan teknologi komunikasi jarak dekat (NFC), pemilik mobil hanya perlu mendekatkan ponsel mereka di dekat pegangan pintu -pembaca NFC- untuk membuka kunci mobil. Lalu menempatkan iPhone di wadah telepon pintar untuk menyalakan mesin.

Dengan aplikasi ini, pemilik mobil juga dapat membagikan akses kunci digital ini kepada lima orang lainnya. Tetapi pemilik mobil tetap bisa membatasi, seperti tenaga, kecepatan tertinggi hingga pengaturan maksimal volume radio.

Bagi pemilik BMW seri 5, fitur ini akan tersedia mulai Juli di iPhone yang menggunakan iOS 13. Jadi mereka tidak harus menunggu versi final iOS 14 baru akan dirilis pada September mendatang.

BMW juga akan menawarkan kunci digital ini sebagai fitur standar di model 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, X5, X6, X7, X5M, X6M dan Z4 yang diproduksi setelah 1 Juli 2020 akan mendukung kunci digital dalam 45 negara.(mg1)

x

Check Also

Xiaomi Umumkan Kehadiran Redmi 10, Ini Spesifikasinya

JAMBITERKINI.COM – Xiaomi baru saja mengumumkan kehadiran Redmi 10. Sejumlah perubahan dari pendahulunya diberikan. Redmi ...