Stop! 4 Kesalahan Penggunaan Kulkas Ini Harus Segera Dihentikan

JAMBITERKINI – Kulkas sejatinya bisa membuat bahan makanan tahan lebih lama, namun hal ini tidak akan terjadi jika kamu melakukan 5 kesalahan penggunaan kulkas ini. Apa saja ya?
Sejak lama, kulkas menjadi alat dapur andalan yang sangat dibutuhkan untuk menyimpan sayuran dan bahan makanan agar tetap awet dan berkuaitas. Kulkas bahkan jadi andalan untuk menyimpan bahan makanan mentah dan belum dimasak.

Sayangnya dalam menyimpan bahan makanan di kulkas, banyak orang masih melakukan kesalahan. Selain itu, banyak mitos-mitos tentang penggunaan kulkas yang beredar di masyarakat dan tidak sepenuhnya benar, namun masih saja dipercaya.

Beberapa mitos itu bahkan menjadi penyebab rusaknya makanan walaupun sudah disimpan di dalam kulkas. Sebaiknya, perhatikan cara menggunakan kulkas yang benar.

Menurut Times of India (13/3) berikut ini ada 4 kesalahan penggunaan kulkas yang harus dihentikan :

1. Menganggap Seluruh Ruang di Kulkas Memiliki Suhu Sama
Banyak orang yang meyakini bahwa seluruh ruang di dalam kulkas memiliki suhu yang sama. Semua bagian kulkas selalu dianggap dingin.

Nyatanya, setiap ruang di kulkas memiliki suhu atau temperatur yang berbeda-beda. Suhu terdingin berada pada rak kulkas yang paling atas dan semakin ke bawah akan semakin hangat. Sedangkan bagian terhangat adalah rak yang berada pada pintu kulkas.

7 Kesalahan Penggunaan Kulkas Ini Masih Dilakukan Banyak Orang

2. Makanan yang Sudah Dibuka Bisa Disimpan Di Kulkas
Stop! 4 Kesalahan Penggunaan Kulkas Ini Harus Segera DihentikanStop! 4 Kesalahan Penggunaan Kulkas Ini Harus Segera Dihentikan Foto: Getty Images/iStockphoto/millann
Mungkin hal ini sering terjadi di rumahmu. Setiap makanan yang sudah terbuka kemasannya atau makanan yang sudah disajikan dan tidak habis akan berakhir di dalam kulkas. Faktanya, makanan yang telah terbuka kemasannya atau yang dibiarkan terbuka tidak baik jika disimpan di dalam kulkas.

Kaleng, wadah, dan alat makan yang mengandung lapisan metal memiliki kandungan yang berbahaya jika bertemu dengan oksigen dapat menimbulkan reaksi yang berbahaya dan dapat menimbulkan racun yang menempel pada makanan. Solusinya, biasakan untuk menutup wadah atau menggunakan wadah tertutup sebelum menyimpan makanan yang sudah terbuka.

3. Makanan Panas Perlu Didinginkan
Kamu pasti pernah mendengar bahwa makanan panas tidak boleh langsung dimasukkan ke dalam kulkas. Menurut kepercayaan yang beredar, hal ini akan membuat kulkas menjadi cepat rusak karena perbedaan suhu yang tinggi.

Faktanya, kulkas memang dirancang sedemikian rupa untuk mendinginkan makanan. Membiarkan makanan terlalu lama di ruang terbuka justru akan menjadi berbahaya.

Makanan yang terlalu lama didiamkan di ruang terbuka akan membuat bakteri banyak menempel. Kondisi ini akan sangat membahayakan kesehatan. Setidaknya, menyimpan makanan di ruangan terbuka dan membiarkannya tidak tertutup hanya boleh dilakukan selama tidak lebih dari 2 jam. Setelah itu, segera masukkan makanan ke dalam kulkas.

4. Buah dan Sayuran Hanya Bertahan Seminggu
Stop! 4 Kesalahan Penggunaan Kulkas Ini Harus Segera DihentikanStop! 4 Kesalahan Penggunaan Kulkas Ini Harus Segera Dihentikan Foto: Getty Images/iStockphoto/millann
Kepercayaan ini mungkin menjadi kepercayaan turun temurun yang sudah ada di masa lampau. Tetapi untuk saat ini, kepercayaan seperti ini sudah tidak lagi relevan.

Kulkas semakin hari semakin canggih karena dibuat dengan kemajuan teknologi. Berbagai pengembangan dan perbaikan terus dilakukan untuk menciptakan kulkas yang aman dalam menyimpan makanan.

Perlu diketahui, kulkas yang sekarang kamu gunakan bahkan bisa menyimpan buah dan sayuran selama lebih dari 30 hari. Selagi pemakaiannya benar dan cara penyimpanannya tepat, buah dan sayur akan bertahan lebih lama. (Detik.com)

x

Check Also

Anggap Menyesatkan, Twitter Hapus 2 Ribu Unggahan Soal COVID-19

Media sosial Twitter memperbarui kebijakan mengenai informasi virus corona COVID-19 yang beredar. Aplikasi berlogo burung ...