Demo Rusuh, Warga Jayapura Menginap di Pangkalan TNI AL

JAYAPURA РMasyarakat memilih bermalam di Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) X di kawasan Hamadi, Jayapura, pascademo berujung rusuh.

Dilansir dari Antara, masyarakat yang memilih bermalam di Lantamal X tersebut berasal dari kawasan sekitar Entrop, Hamadi. Masyarakat yang mengungsi terdiri dari ibu-ibu dan anak-anak, sedangkan pria dewasa tetap tinggal untuk menjaga rumah.

Unjuk rasa di Jayapura dimulai pada Kamis (29/8/2019) pagi. Unjuk rasa berubah menjadi kerusuhan saat massa mulai bertindak anarkis.

Sekitar pukul 18.00 WIT, massa mulai membubarkan diri setelah dipukul mundur aparat gabungan TNI dan Polri menggunakan gas air mata. Sementara itu, kondisi Kota Jayapura sekitar pukul 18.30 WIT berangsur pulih.

Unjuk rasa tersebut menimbulkan kerusakan material di berbagai tempat dari Sentani, Abepura, Kotaraja, hingga Jayapura.

Massa pengunjuk rasa sebelumnya sempat membakar beberapa gedung dan pertokoan sepanjang Abepura, Entrop, dan Jayapura, serta bangunan kantor Telkom dan Pos Jayapura.

Bangunan kantor Bank Indonesia perwakilan Papua, RS Provita Jayapura, Mal Jayapura, dan pertokoan yang berada di sekitarnya juga dilempari serta dirusak massa pengunjuk rasa. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kapolda Sulteng Ditarik ke Mabes Polri, Syafril Nursal Putra Jambi Gantikan Lukman Wahyu Hariyanto

JAMBITERKINI.COM, PALU – Jelang masa pensiunnya, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Lukman Wahyu Hariyanto, ditarik ke ...