Detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka, Presiden Pakai Baju Adat Bali

JAKARTA – Detik-detik Proklamasi kemerdekaan RI diperingati dengan diawali dentuman meriam 17 kali, di halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Sabtu (17/8/2019) pukul 09.55 WIB. Presiden Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara.

Usai dentuman meriam, acara dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPD Oesman Sapta Odang (OSO), dan dilanjutkan mengheningkan cipta dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi.

“Untuk mengenang jasa pahlawan, khususnya sang Proklamator, Bung Karno dan Bung Hatta, mengheningkan cipta dimulai,” kata Jokowi.

Peringatan detik-detik proklamasi ditutup pembacaan doa. Doa dibacakan Mendikbud Muhadjir Effendy.

Baju Adat

Dalam upacara ini Presiden Jokowi, putra pertamanya Gibran Rakabuming Raka dan cucu Jan Ethes Srinarendra terlihat mengenakan pakaian adat Bali dengan berbagai warna dan corak.

Baju adat Presiden Jokowi berasal dari Klungkung, berwarna hitam dengan brokat emas lengkap dengan kain dan hiasan kepala juga dengan motif emas. Sedangkan Ethes juga menyematkan hiasan kepala warna ungu namun mengenakan seperti beskap kuning mini yang menyesuaikan tubuh bocah berusia tiga tahun tersebut.

Ethes juga mengenakan sarung kuning dengan variasi kain ungu sebagai pelapis dan sepatu bintang-bintang emas. Sementara Gibran mengenakan kemeja putih dan ikat kepala cokelat dilengkapi kain tenun warna-warni dengan suansana lebih santai dibanding dengan Presiden Joko Widodo dan Jan Ethes.

“Kita kan sudah 5 tahun ini ganti-ganti, dulu pernah Aceh, Sumatera Barat, pernah Kalimantan Selatan, pernah Sunda, Jawa, Betawi kemudian ke sana Bali, Sasak, Bugis pernah semua,” ungkap Presiden. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kapolda Sulteng Ditarik ke Mabes Polri, Syafril Nursal Putra Jambi Gantikan Lukman Wahyu Hariyanto

JAMBITERKINI.COM, PALU – Jelang masa pensiunnya, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Lukman Wahyu Hariyanto, ditarik ke ...