Pesta Bakar Daging Kurban Semarakkan Idul Adha di Palembang,

PALEMBANG – Rayakan Idul Adha 1440 H atau tahun 2019 M, diwarnai dengan pesta bakar sate daging sapi dan kambing kurban di Kota Palembang. Suasana perayaan Hari Raya Kurban tentu saja bertambah semarak.

Apalagi kegiatan dilaksanakan di lapangan dan halaman rumah warga yang berkumpul bersama tetangga untuk mempererat tali silaturahim, dengan membuat acara pesta membakar sate daging kurban.

Di sejumlah kawasan permukiman di Palembang, tampak warga memanfaatkan hari besar agama Islam tersebut dengan saling mengunjungi guna mempererat tali silaturahim dan menggelar pesta bakar sate daging sapi dan kambing yang diperoleh dari sanak keluarga atau memotong hewan kurban sendiri.

Suasana semarak Lebaran Kurban itu, terutama di kawasan permukiman yang padat penduduk, seperti Perumnas Kenten Sako, Kampung 5 Ulu Laut, kawasan Tangga Buntung, dan Makrayu Palembang.

Kegiatan bakar sate di kawasan permukiman penduduk tersebut, tampak semakin seru pada Minggu malam, karena tamu yang datang ke rumah-rumah penduduk, terutama yang menggelar pesta sate.

Haris, salah seorang warga Makrayu Palembang, mengaku membuat pesta bakar sate pada Lebaran Kurban tahun ini karena bersama keluarga melakukan pemotongan seekor sapi. Sesuai ketentuan, daging hewan kurban tersebut telah dibagikan kepada fakir miskin dan warga yang berhak menerimanya.

Selain itu, beberapa bagian jatah pemilik kurban dibagi-bagikan kepada tetangga dan sanak keluarga, serta sebagian di makan bersama-sama dengan membuat pesta bakar sate. Kegiatan itu telah beberapa tahun terakhir dilakukannya.

Melalui pesta sate daging kurban itu, katanya, seperti dilansir dari Antara, suasana Hari Raya Haji itu semakin seru serta bisa lebih mempererat rasa kekeluargaan atau tali silaturahim antartetangga, teman sejawat, serta sanak keluarga.

Pada kesempatan sebelumnya, Kapolresta Palembang Kombes Pol Didi Hayamansyah mengatakan pihaknya menurunkan dua per tiga kekuatan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) agar daerah setempat tetap kondusif pada malam takbiran dan saat Shalat Idul Adha 1440 Hijriah, serta pembagian daging kurban.

Keberadaan personel polresta di tengah-tengah masyarakat diharapkan memberikan rasa aman dan nyaman serta mencegah kemacetan arus lalu lintas di pusat keramaian, kawasan permukiman, dan masjid.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kapolda Sulteng Ditarik ke Mabes Polri, Syafril Nursal Putra Jambi Gantikan Lukman Wahyu Hariyanto

JAMBITERKINI.COM, PALU – Jelang masa pensiunnya, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Lukman Wahyu Hariyanto, ditarik ke ...