Jalan dan Jembatan Ladang Peris Dibangun TNI Manunggal Kodim Batanghari

JAMBI – Bupati Batanghari Syahirsah SY membuka secara resmi penyelenggaraan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-105 Komando Distrik Militer (Kodim) 0415/Batanghari anggaran tahun 2019 di Lapangan Desa Ladang Peris Kecamatan Bajubang, Kamis.

Dalam laporannya Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) pelaksanaan kegiatan TMMD ke-105 di wilayah Kodim 0415/Bth, yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Batanghari, TMMD ke-105 di Desa Ladang Peris akan berlangsung hingga 8 Agustus 2019.

“Kegiatan TMMD Kodim 0415/Bth dilaksanakan selama 30 hari terhitung sejak 10 Juli sampai 8 Agustus 2019,” kata Dansatgas TMMD Kodim 0415/Bth, Letkol Inf Widi Rahman.

Dalam TMMD ke-105, Dandim 0415/Bth Letkol Widi Rahman menjelaskan bahwa sasaran fisiknya yakni pembuatan jalan Desa Ladang Peris sepanjang tiga kilometer dan lebar 12 meter, pembuatan jembatan kayu dua unit, pemasangan gorong-gorong sebanyak enam titik, lalu bedah rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 34 Unit.

Kemudian, sasaran non fisik berupa ceramah agama, penyuluhan tentang bela negara, wawasan kebangsaan, pelayanan kesehatan, penyuluhan pertanian, pendidikan, hukum dan kamtibmas, sosialisasi narkoba, keagamaan, bahaya teroris dan paham radikalisme, KB kesehatan, perikanan atau peternakan, lingkungan hidup dan kehutanan, kegiatan PKK dan Penyuluhan atau sosialisasi pelayanan publik dan kependudukan.

Untuk tenaga, katanya ada sebanyak 300 personel yang akan dilibatkan dalam pelaksanaan TMMD di wilayah Kodim 0415/Batanghari. Terdiri dari 150 TNI dari anggota Kodim 0415/BTH, Korem 042/Gapu, Yonif Raider 200/BN, Yon Arhanudse 12/SBP, Yon Zipur 2/SG dan 150 orang lainnya dari Polres Batanghari, Kejaksaan, unsur Pemkab Batanghari dan masyarakat.

Selanjutnya dilakukan pemasangan tanda peserta dan penerimaan alat kerja secara simbolis dari Bupati Batanghari, lalu pernyataan dimulainya TMMD Ke-105 tahun 2019 Kodim 0415/Bth, yang disaksikan langsung oleh Bupati dan Kasipers Korem 042/Gapu, Letkol Inf Tomy R Lubis, serta tamu undangan.

“Saya sangat bangga dengan Kodim 0415/bth karena telah banyak terjalin kerja sama dan dibantu dalam setiap kegiatan pemerintahan Kabupaten Batanghari. Begitu banyak selain TMMD juga ada karya bhakti TNI, dalam TMMD ini ada pembuatan jalan, juga bedah rumah yang akan dikerjakan, terima kasih TNI,” kata Bupati Batanghari, Syahirsah.

Hadir dalam upacara pembukaan TMMD tersebut, jajaran Pejabat Korem 042/Gapu, jajaran Dansatbalak Korem 042/Gap, Wadan Yonif Raider 142/Kj dan Kapolres Batanghari beserta jajaran, Kepala Kejaksaan Kabupaten Batanghari, Forkompimda, para Camat dan Kades, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat serta undangan lainnya.

“Semoga ini terus terjalin, walaupun nanti sudah berganti Bupati, terima kasih atas kerjasamanya. Kepada semua pihak juga saya sampaikan terima kasih atas sumbangsihnya baik materi dan tenaga atas terselenggaranya TMMD ini,” kata bupati menambahkan.

Dalam pembukaan TMMD ke-105 itu, juga ada penyerahan bantuan paket sembako, bantuan sosial dan kesehatan berupa kursi roda, tongkat bagi tunanetra dan lainnya, bantuan ekonomi berupa bibit ternak dan pohon.

Kemudian Bupati bersama tamu undangan lainnya didampingi Dansatgas TMMD Kodim 0415/Bth, Letkol Inf Widi Rahman meninjau kegiatan Bakti Sosial yaitu pelayanan KB, pengobatan gratis dan sunatan massal.***/ril

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jambi Liburkan Sekolah, Kualitas Udara Sudah Berbahaya oleh Kabut Asap

JAMBI – Pemerintah Kota Jambi meliburkan anak sekolah hari ini, Senin (9/9/2019), karena berdasarkan data ...