Ikan Gabus dari Kumpeh Jambi Diminati di Palembang untuk Bahan Pempek

JAMBI – Ternyata ikan gabus hasil tangkapan nelayan di Kumpeh, Kabupaten Muarojambi diminati dan dijual ke Palembang untuk menjadi bahan baku pempek, makanan khas Palembang.

Menurut Lukman, seorang penyuluh perikanan di Kumpeh Kabupaten Muaro Jambi, ikan gabus tangkapan dari Kumpeh volumenya cukup besar. Bahkan ia menyebut kemungkinan volumenya dua ton per hari. Sebagian atau lebih dari jumlah itu dijual ke Palembang.

Rata-rata ikan gabus itu sudah dipesan oleh produsen pempek di Palembang, sayangnya ia tidak menyebutkan pemesan ikan gabus itu.

“Dibandingkan dari daerah lain, memang ikan gabus dari sini (Kumpeh) cukup signifikan. Itu semua hasil tangkapak, karena belum bisa budidaya ikan gabus,” katanya, seperti dilansir dari Antara.

Terkait ukuran ikan gabus yang diminati para produsen pempek itu, Lukman mengatakan tergantung musimnya, bisa besar bisa juga ukuranya lebih kecil-kecil.

Lukman juga mengatakan, sebagian ada yang dibuat untuk ikan gabus asin dan diproduksi di Jambi. Ikan asin gabus ini menjadi salah satu buah tangan khas Jambi.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Naik, Harga Minyak Sawit Mentah di Jambi Rp176 Per Kilogram

JAMBI – Harga minyak sawit mentah (CPO), Inti sawit dan Tanda Buah Segar (TBS) kelapa ...