Kabupaten Tebo Potensial sebagai Pusat Penangkaran Benih Kedelai

JAMBI – Desa Suo Suo Kecamatan Sumay Kabupaten Tebo potensial sebagai pusat pertumbuhan baru penangkaran benih kedelai di Provinsi Jambi, karena daerah ini memiliki keunggulan komparatif.

“Potensinya menjadi sentra benih sangat besar karena didukung lahannya,” kata Peneliti BPTP Puslitbangtan Jambi Adri.

Menurut Adri, kawasan pertanian di Suo-Suo memiliki potensi sumber daya lahan yang cukup luas untuk ditanami kedelai lebih kurang 1.200 hektare untuk lima tahun mendatang.

Selain itu sumber daya manusia atau petani yang berambisi untuk mengusahakan kedelai dan topografi lahan yang cukup menguntungkan yaitu lahan bergelombang yang jauh dari kebanjiran serta dapat dilakukan penanaman diua hingga tiga kali per tahun.

Namun kata Adri, untuk merealisasikan daerah itu menjadi sentra benih itu diperlukan kerja sama dari berbagai lembaga, kantor dan balai yang berkompeten mulai tingkat pusat, provinsi dan kabupaten.

“Perbanyakan benih kedelai UPBS BPTP Jambi saat ini dilaksanakan oleh kelompok tani Sukajaya, yang diketuai oleh Senan. Petani Desa Suo-Suo mulai berusaha tani kedelai pada tahun 2015 atau baru empat tahun, saat itu usaha tani hanya sebatas kedelai konsumsi,” ujarnya.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jambi Liburkan Sekolah, Kualitas Udara Sudah Berbahaya oleh Kabut Asap

JAMBI – Pemerintah Kota Jambi meliburkan anak sekolah hari ini, Senin (9/9/2019), karena berdasarkan data ...