Kapolda Jambi Lepas Keberangkatkan Personel yang Bertugas di TPS

JAMBI – Kepala Kepolisian daerah (Kapolda) Jambi Irjen Pol Muchlis AS memimpin langsung apel pemberangkatan personel kepolisian yang akan bertugas mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Provinsi Jambi termasuk juga Bawah Kendali Operasi (BKO) Polda yang akan disiagakan di tingkat polres pada Pemilu 17 April mendatang di beberapa daerah.

Ke-1.329 personel Polda Jambi ditempatkan untuk melakukan pengamanan TPS dalam rangka menyukseskan Pemilu serentak 2019 dan sebelum diberangkatkan mereka sudah dilatih mengenai cara pengamanan TPS jika terjadi sesuatu nantinya di lapangan pada pelaksanaan, kata Irjen Pol Muchlis AS, di Jambi Minggu usai memimpin apel pergeseran pasukan ke TPS.

Terkait penugasan 1.329 orang personel kepolisian untuk mengamankan TPS di Provinsi Jambi akan ditugaskan oleh para Kapolres dan Kapolresta masing-masing wilayahnya dan diharapkan para personel kepolisian nantinya bisa segera menyesuaikan diri dengan wilayah masing-masing termasuk berkoordinasi dengan petugas TPS setempat serta melakukan pengawasan dan pengamanan TPS nantinya.

“Untuk setiap Polres dan Polresta sudah saya tunjuk perwira pengendalinya masin-masing wilayah mulai dari pangkat AKP hingga Kompol serta ada pejabat utama dari Polda untuk melakukan pengawasan di beberapa kabupaten di Provinsi Jambi agar pelaksanaan pemilu bisa berjalan lancar, aman, sejuk dan damai,” kata Muchlis AS.

Kapolda Jambi berharap kepada seluruh personel yang bertugas di lapangan dalam rangka pengamanan TPS agar bisa mengenali wilayah, menjaga etika dan tatakrama sehingga polisi bisa diterima di masyarakat sehingga jika anggota sudah mengenal seluruh tokoh masyarakat dan petugas disana maka jika timbul masalah maka dengan muda kita bersama-sama mengatasinya.

Selain seribu lebih personel kepolisian yang diberangkatkan ke daerah, juga ada personel yang siaga di Polda Jambi dan adapun personel yang berjaga siaga di Polda Jambi berjumlah 323 orang. Sehingga total personel kepolisian daerah Jambi yang ditugaskan pengamanan Pemilu nanti ada sebanyak 1.652 personel yang terlibat langsung pengamanan TPS di daerah ada 1.329.

Selain personel juga ada perwira pengendali, termasuk para pejabat utama Polda Jambi yang akan diberangkatkan ke daerah atau kabupaten di Provinsi Jambi.

Jumlah TPS di Provinsi Jambi ada 11.311 dan untuk pengamanan satu orang polisi bisa mengawasi empat hingga enam TPS yang ada di wilayahnya masing-masing.

Patroli menjelang pemilu kini rutin dilakukan menjelang tanggal 17 April nanti dan kegiatan patroli hari ini memantau keamanan Kantor KPU Kota Jambi, Bawaslu dan Instansi Pemerintahan serta objek vital lainnya.

Sejauh ini Provinsi Jambi termasuk ke dalam 16 provinsi yang rawan konflik Pemilu sesuai dengan anarkis dari Bawaslu dan menanggapi hal tersebut Polda Jambi membeberkan hingga saat ini Provinsi Jambi masih aman, namun tidak menapikan jika potensi konflik tersebut ada.

Sementara itu data dari laman atau website KPU Provinsi Jambi tercatat jumlah Daftar Pemilih tetap (DPT) di Provinsi Jambi sebanyak 2.410.660 yang tersebar diseluruh kabupaten dan kota.***/Antara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jambi Liburkan Sekolah, Kualitas Udara Sudah Berbahaya oleh Kabut Asap

JAMBI – Pemerintah Kota Jambi meliburkan anak sekolah hari ini, Senin (9/9/2019), karena berdasarkan data ...